Seputar Peradilan

Bandung | pa-bandung.go.id

WhatsApp Image 2022-07-29 at 16.42.34.jpegWhatsApp Image 2022-07-29 at 16.47.30.jpeg

Jumat 29 Juli 2022----Hakim Pengadilan Agama Bandung Bapak Drs. IKHWAN SOPIYAN, S.H., M.H. mengikuti kegiatan "Penyuluhan Hukum Terpadu" yang di prakrasai oleh bagian hukum Sekretariat Daerah Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut mengambil tempat di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap Jl. Cipaku Indah IV No.4 Kota Bandung. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bimas Polresta Kota Bandung, BPN, Kejaksaan Negeri dan Disdukcapil.

Mengawali kegiatannya Bapak Drs. IKHWAN SOPIYAN, S.H., M.H selaku narasumber yang mewakili Pengadilan Agama Bandung menyampaikan materi mengenai penjelasan singkat tentang UU Perkawinan No. 01 Tahun 1974. Kemudian melalui presentasinya dia menjelaskan tentang pengertian perkawinan baik menurut UU No. 1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam yang merupakan konstruksi hukum atas dasar hukum yang diterapkan di Lembaga Peradilan Agama termasuk kewenangan Peradilan Agama yang telah diatur oleh pemerintah di dalam undang-undang dan kompilasi hukum islam.

Melalui Surat Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung Nomor : TU.04/1076/Bagkum/VII/2022 tanggal 26 Juli 2022 kegiatan "Penyuluhan Hukum Terpadu" harapan kedepannya masyarakat sadar dan memahami hal-hal yang menjadi norma/peraturan yang menjadi ruang lingkup perkawinan serta perceraian dan hal lain yang menjadi kompetensi peradilan agama seperti kewarisan, wasiat, hibah, wakaf, shadaqah dan lain-lain..tuturnya.

(dudi)