Seputar Peradilan

ASESMEN SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PENGADILAN AGAMA BANDUNG

 Open Surveillence 1

Pengadilan Agama Bandung Kelas 1A pada tahun 2017 yang lalu telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu dengan predikat A Excelent, yang selanjutnya harus tetap dipertahankan raihan predikat tersebut. Maka dari itu Mahkamah Agung melalui Tim APM Badan Peradilan Agama untuk tahun ini melaksanakan Asesmen Surveillance yaitu Penilaian Pemeliharaan dimana hal tersebut akan memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang secara terus menerus dan bersinambungan.

Maka dari itu Tim APM Ditjen Badilag menugaskan Asesor Eksternal yaitu Drs. H. ACH JUFRI, S.H., M.H untuk melakukan Asesmen Surveillance Pertama terhadap Pengadilan Agama Bandung, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam suatu acara pembukaan yang diadakan di Ruang Serbaguna Pengadilan Agama Bandung (14/11/2018 Jam 08:15), dengan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Bandung Drs. H. M. Arsyad, M., SH., MH, Ketua Tim Penjaminan Mutu PA Bandung Yusuf Effendi SH, didampingi Ketua Asesor Internal, seluruh Hakim dan seluruh pegawai. Acara Pembukaan kegiatan Asesmen Surveillance pada kali ini membawa dua Tujuan, yaitu pertama melakukan Penilaian kepada pemeliharaan Akreditasi yang sebelumnya telah dicapai, yang kedua adalah penilaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sebelumnya PA Bandung juga telah meraih Penghargaan Terbaik Tingkat Nasional, selanjutnya bagian dari pelaksanaan Penjaminan Mutu tersebut harus mencanangkan pembangunan Zona Integritas, dimana pembangunan Zona integritas ini adalah bagian juga dari Reformasi Birokrasi, demikian sebagian sambutan yang disampaikan oleh Tim Asessor Eksternal. Pelaksanaan Asesmen Surveillance akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 14-15 Nopember 2018.

Ketua PA Bandung sebelumnya juga menyampaikan bahwa predikat akreditasi penjaminan mutu yang telah diraih harus tetap dipertahankan dengan mengajak kepada seluruh unsur di Pengadilan Agama Bandung agar tetap memberikan kinerja terbaiknya. (Deni Syamsudin / IT)

Open Surveillence 2