Seputar Peradilan

PERNYATAN KOMITMEN BERSAMA PEGAWAI PENGADILAN AGAMA BANDUNG DALAM PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

Pencanangan Zona Integritas 2

Sejak diberlakukannya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Mahkamah Agung di empat lingkungan Peradilan, termasuk Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, Pengadilan Agama Bandung berusaha untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas performa, kinerja dan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan selanjutnya diadakan Surveilan Akreditasi Penjaminan Mutu.

Pelaksanaan Zona Integritas merupakan suatu keharusan yang pelaksanaannya dilakukan sebagaimana tahapan yang ditetapkan dalam PERMENPAN Nomor 52 Tahun 2014. Untuk itu, perlu secara konkret dilaksanakan program reformasi birokrasi di Pengadilan Agama Bandung melalui upaya pembangunan Zona Integritas.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah/lembaga yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)  melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam kaitan tersebut di atas, maka pada hari Jum’at tanggal 02 Nopember 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama seluruh pegawai terdiri dari seluruh hakim, seluruh pejabat struktural dan fungsional, para Panitera Pengganti, para Juru Sita, Staf dan Tenaga Honorer Pengadilan Agama Bandung, dipimpin oleh Ketua Drs. H. M. Arsyad M., SH., MH dan Wakil Ketua Yusuf Effendi, SH., mengadakan pernyataan komitmen bersama untuk mencanangkan pembangunan zona integritas di lingkungan Pengadilan Agama Bandung. Acara tersebut berintikan penandatangan piagam pernyataan komitmen bersama oleh masing masing pegawai.

Untuk deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas yang akan dihadiri dan disaksikan oleh Pejabat Muspida Kota Bandung akan diagendakan setelah pernyataan komitmen bersama oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Bandung ini tercapai.

Pada Acara tersebut juga diserahkan Surat Keputusan (SK) Ketua tentang SK Zona Integritas, SK Tim Pengendali Gratifikasi, SK Tim Tanggap Bencana, SK Tim Reformasi Birokrasi dilanjutkan sosialisasi tentang tugas dan tunggung jawab semua Tim yang ditunjuk dalam Surat keputusan tersebut dan juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada Pegawai Teladan (Role Model) sesuai Surat Keputusan Ketua Nomor : W.10-A1/7613/OT.01.3/X/2018, yang menetapkan Dr. Kamaludin MH (Hakim), Ida Frieda Djufri, S. Ag, MH (Panitera Pengganti). dan Agus Suryana (Tenaga Honorer) sebagai Agen Perubahan (Role Model) di pengadilan Agama Bandung. 

Acara ditutup dengan do’a oleh Drs. H. Effendi Ramli MH., semoga dengan dicanangkannya pembangunan zona integritas dalam akreditasi penjaminan mutu di Pengadilan Agama Bandung dapat  meningkatkan  kinerja  dan pelayanan, sehingga masyarakat semakin puas dan reputasi peradilan agama semakin terangkat. (Deni Syamsudin/IT)

Pencanangan Zona Integritas 1

Pencanangan Zona Integritas 3

Role Model