Seputar Peradilan

PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PENGADILAN AGAMA BANDUNG

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018 kali ini ada yang berbeda, yaitu para petugas upacara yang terlibat dalam upacara tersebut, terdiri dari para peserta Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu Angkatan III yang hampir sebulan ini telah mengikuti magang Tahap I di Pengadilan Agama Bandung. Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 merupakan tindak lanjut dari instruksi Sekretaris Mahkamah Agung RI melalui Surat Edaran Nomor 1208/SEK/HM.01.2/09/2018.

Tepat pada pukul 07:30 acara dimulai dan yang bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu : Dr. H. Kamaludin, MH., sekaligus membacakan Ikrar untuk membulatkan tekad tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang ditetapkan pada tanggal 01 Oktober ini berdasarkan Keputusan Presiden nomor 153/ Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan pemerintah RI untuk memberikan pesan bagi seluruh rakyat Indonesia bahwa Pancasila sebagai sebuah ideologi negara tidak akan tergantikan dengan ideologi apapun.

Pada Tahun 2018 ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema “Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa” Peserta upacara terdiri dari seluruh Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, seluruh Pegawai baik PNS maupun Staf Honorer juga seluruh peseta PPC yang berjumlah 12 orang. Upacara berjalan dengan khidmat dan lancar sampai ditutup dengan Do’a dan dibubarkan sekitar pukul 07:50.

Hari Kesaktian Pancasila 2