Seputar Peradilan

KORWIL IV PTA JAWA BARAT MENGGELAR DISKUSI HUKUM EKONOMI SYARIAH

Diskusi Hukum 2018

Dengan semakin berkembang pesatnya usaha perbankan syariah, semakin juga timbul permasalahan dari usaha tersebut, seperti halnya juga ditemui di perbankan konvensional, antara perbankan sebagai pihak pemberi bantuan dana dan nasabah sebagai penerima bantuan dalam menjalankan usahanya. Seringkali timbul hal yang tidak diharapkan sehingga penyelesaiannya harus diselesaikan dihadapan sidang Pengadilan.

Pengadilan Agama sebagai lembaga peradilan yang juga menangani perkara ekonomi syariah sebagai kompetensi absolut, ditutut untuk semakin meningkakan kemampuannya dalam menangani perkara ekonomi syariah. Maka dari itu Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, menggelar kegiatan Diskusi Hukum Ekonomi Syariah di seluruh wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat yang terbagi dalam beberapa wilayah Koordinator, untuk Wilayah Koordinator IV, dilaksanakan pada tgl 19-20 Juli 2018 yang pelaksanaannya di Hotel Endah Parahyangan Bandung, dihadiri oleh 82 orang hakim dari empat Pengadilan Agama, yaitu PA Bandung, PA Cimahi, PA Sumedang dan PA Cianjur. Selaku Ketua Koordinator Wilayah IV adalah Ketua Pengadilan Agama Bandung Drs. H. M. Arsyad M, SH., MH.

Sesuai Pasal 20 Peraturan Mahkamah Agung Nomor 5 Tahun 2016 Perkara ekonomi syariah harus diadili oleh majelis hakim yang ketua majelisnya dan / atau salah seorang anggotanya adalah hakim ekonomi syariah, dan Hakim ekonomi syariah di Jawa Barat masih sangat terbatas, itulah latar belakang kegiatan diskusi ini dilaksanakan sedangkan tujuan diskusi sendiri adalah sebagai berikut : Agar para peserta/hakim Pengadilan Agama se Jawa Barat dapat memantapkan pemahaman terhadap ekonomi syariah dan dapat lebih banyak menjadi hakim ekonomi syariah; Diharapkan hakim Pengadilan Agama dapat menangani dan mengadili perkara ekonomi syariah dengan tepat dan benar, demikian disampaikan oleh Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam acara pembukaan dan juga sebagai narasumber dalam Diskusi Hukum Ekonomi Syariah wilayah koordinator IV.

Narasumber lain yang turut memberikan materi adalah Wakil Ketua PTA Drs. H. Mardiana Muzhaffar, S.H., M.H. yang menyampaikan materi dengan judul Multi Akad dan yang menjadi moderator yaitu Drs. H. M Yusuf Was Syarief, M.H.I. dan Drs. Tata Sutayuga, S.H., M.H. beliau adalah Hakim Tinggi PTA Jawa Barat, selain materi ekonomi syariah yang disampaikan, sesi acara lainnya yaitu studi kasus dan diskusi penanganan dalam perkara ekonomi syariah. (Deni Syamsudin)