Seputar Peradilan

KUNJUNGAN KERJA DAN PENANDATANGANAN KERJASAMA UIN ALAUDDIN MAKASSAR DAN

PENGADILAN AGAMA BANDUNG

UIN ALAUDDIN 1

Pengadilan Agama Bandung Kelas 1A dipilih menjadi salah satu tujuan kunjungan para Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar. Dilatarbelakangi bahwa Pengadilan Agama Bandung sebagai salah satu Pengadilan Agama di Indonesia yang memiliki perkara yang cukup tinggi dan bervariatif.

Pada tanggal 6 Juli 2018, kunjungan rombongan tersebut dipimpin oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. Darussalam M.Ag, didampingi oleh Wakil Dekan, Seluruh Ketua Program Studi dan beberapa staf. Rombongan diterima oleh Pejabat Harian Ketua Pengadilan Agama Bandung Dr. H. Muh Rusydi Tahir, SH., MH, didampingi para Hakim, Sekretaris dan Panitera.

Tujuan dari kunjungan ini adalah kerjasama untuk pengembangan institusi dan peningkatan program kerja lembaga masing-masing dalam rangka memperkuat kemandirian, transparansi dan akuntabilitas, yang meliputi penelitian, pertemuan ilmiah, pendidikan penyuluhan, sosialisasi dan pertukaran informasi. Kerjasama ini diharapkan akan memperkuat antara UIN sebagai lembaga Akademis dan Pengadilan Agama Bandung sebaga lembaga praktik. Semoga Fakultas Syariah dan Hukum sebagai pencetak Hakim Pengadilan Agama dapat menghasilkan alumni yang berkualitas untuk kemajuan peradilan agama kedepan serta banyak terserap menjadi Hakim, seperti yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum dan Syari’ah.

Peningkatan kurikulum harus juga diterapkan kepada mahasiswa agar daya saing alumni Fakultas Syari’ah dan Hukum semakin meningkat demikian disampaikan juga oleh PLH Ketua PA Bandung

Tanya jawab berbagai hal seputar jenis perkara diantaranya Isbath Nikah, Mediasi dll disampaikan dan selanjutnya dijawab oleh narasumber Dr. H. Kamaludin, MH., juga Humas PA Bandung Dra. Hj. Athirah Muchtar, SH., MH.

Acara selanjutnya dilakukan penandatangan kerjasama yang ditandatangani dan disaksikan oleh kedua belah pihak, diakhiri dengan foto bersama.

Kunjungan tersebut akan dilanjutkan ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung, untuk membahas kerjasama antara kedua institusi akademis tersebut.

Semoga dengan penandatangan kerjasama antara dunia akademis dan praktik ini akan semakin meningkatkan kualitas peradilan agama kedepannya. (Deni Syamsudin, IT)

UIN ALAUDIN 2