Seputar Peradilan

KETUA PA BANDUNG MERESMIKAN PENGGUNAAN APLIKASI TRANSKRIP PERSIDANGAN (ATP) DAN E-SKUM DALAM ACARA TASYAKURAN PERAIHAN SERTIFIKAT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

Sejalan dengan semangat Mahkamah Agung RI yang selalu meningkatkan pelayanan publik yang prima, pelayanan berbasis teknologi terus dikembangkan dengan berbagai inovasi demi melayani kebutuhan masyarakat. Agar penyelesaian perkara bisa dilayani dengan cepat, tepat, mudah dan biaya ringan.

Beberapa waktu sebelumnya Mahkamah Agung telah mengadakan perlombaan inovasi dan diambil 3 tiga inovasi terbaik yakni,

  1. Audio Teks Recording (ATR) yang dikembangkan Pengadilan Negeri Kendal, aplikasi ini mempermudah dalam hal menyelesaikan proses pembuatan Berita Acara, apliksi ini akan mentranskrip setiap kata yang diucapkan para pihak di persidangan ke dalam bentuk tulisan, sehingga mudah diketahui kapan, siapa yang berbicara tentang apa dalam persidangan. Aplikasi ini selanjutnya dikenal menjadi ATP (Aplikasi Transkrip Persidangan)
  2. Aplikasi e-SKUM (elektronik Surat Kuasa Untuk Membayar) merupakan hasil inovasi yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Pekanbaru, merupakan aplikasi elektronik untuk menghitung sendiri Panjar Biaya Perkara.
  3. Tanggamus Mobile Court (TMC) Inovasi ini merupakan layanan bergerak dalam bentuk Mobil layanan pengadilan di wilayah yuridiksi secara terjadwal di wilayah PA Tanggamus.

Berdasarkan arahan Pimpinan Mahkamah Agung inovasi tersebut agar direplikasi ke pengadilan pengadilan lainnya, Pengadilan Agama Bandung adalah salah satu yang ditunjuk untuk mereplikasi dan menjadi pilot project untuk mengaplikasi dari hasil inovasi tersebut, yang sebelumnya Tim IT PA Bandung mengikuti Workshop Replikasi Inovasi 9-11 Oktober 2017 di Megamendung Bogor, terdapat 4 empat PA di Jawa Barat yang mendapatkan kepercayaan tersebut yaitu yang lainnya adalah PA Cimahi, PA Karawang dan PA Ciamis.

Peresmian eSKUM 1

Pada penghunjung tahun 2017, Tim IT PA Bandung telah rampung menginstalasi dan mengujicobakannya kemudian tepatnya tanggal 29 Desember 2017 Ketua Pengadilan Agama Bandung Drs. H. M Arsyad M, SH., MH sekaligus dalam acara Tasyakuran atas diraihnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (29/11/2017) meresmikan penggunaan aplikasi tersebut untuk dipergunakan di Pengadilan Agama Bandung Kelas 1A.

Peresmian eSKUM 2

Berkaitan dengan penerimaan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu yang beberapa waktu yang lalu diterima dari Ketua Mahkamah Agung RI dengan predikat “A Excellent”, secara simbolik diserahkan kembali oleh Ketua PA Bandung sebagai Top Manajemen kepada Wakil Ketua Drs. Kausar Anhar, SH sebagai Ketua Tim SAPM PA Bandung didampingi Wakil Ketua Tim SAPM Drs. Sarnoto MH, dalam sambutannya, Ketua PA Bandung juga Ketua Tim SAPM menyampaikan bahwa Sertifikat yang telah diraih adalah sebuah kebanggan buah dari hasil kerja keras seluruh warga Pengadilan Agama Bandung dan mengajak untuk terus mempertahankannya.

Acara lainnya pada kesempatan yang baik itu, adalah pelepasan Hj. Muntiamah SH yang memasuki masa purna bhakti yang terakhir manjabat Panitera Muda Hukum. (Deni Syamsudin, IT)