Seputar Peradilan

PA BANDUNG SIAP MELAKSANAKAN

SERTIFIKASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

 

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Pengadilan Agama khususnya bagi para pihak pencari keadilan, maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menyusun pedoman Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu yang akan dijadikan acuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama.

Untuk itu Pengadilan Agama Bandung yang sebelumnya telah menerima sertikat ISO 9001:2008 di tahun 2016, memantapkan untuk terus menjaga komitmen dalam penjaminan mutu dengan mendeklarasikan pernyataan sikap kesediaan melaksanakan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di Pengadilan Agama Bandung.

Acara Deklarasi ini diadakan pada hari Jum’at tanggal 25 Agustus 2017 pukul 13.30 dengan dihadiri oleh seluruh unsur di Pengadilan  Agama Bandung, dari unsur pimpinan, hakim, pegawai serta tenaga honorer. Pelaksanaan acara dilangsungkan di Ruang Serba Guna, dengan agenda penyerahan Surat Keputusan Ketua kepada Tim Akreditasi yang beberapa hari sebelumnya telah dibentuk dalam suatu rapat penyusunan Tim oleh Ketua Pengadilan Agama Bandung sebagai Top Manajemen dan Wakil Ketua sebagai Penanggungjawab Akreditasi. Dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan melaksanakan serta kesiapan mensukseskan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) oleh seluruh pegawai.

Dalam sambutan pada acara tersebut Ketua Pengadilan Agama Bandung Drs. H. M. Arsyad M., SH., MH. yang beberapa hari terakhir sejak diterimanya surat dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat sekitar awal Agustus 2017 terus menerus mensosialisasikan mengenai SAPM ini kepada seluruh unsur di Pengadilan Agama Bandung.

Tim yang dibentuk akan mulai  bekerja dan melakukan self assesment (kajian awal) pada beberapa bidang yaitu bidang administrasi manajemen, administrasi kesekretariatan dan administrasi kepaniteraan, agar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan standar (SOP) yang telah di tetapkan oleh Direktorat Jenderal Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Assessor Internal dibentuk dari unsur Hakim (Hakim Pengawas Bidang) untuk memonitor pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu ini agar berjalan dan dilaksanakan dengan baik.

Dengan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu ini, harapan dan ikhtiar senantiasa kita wujudkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat agar pelayanan kepada pihak pencari keadilan di Pengadilan Agama Bandung terus berjalan dengan lebih baik dan kepercayaan kepada lembaga peradilan khususnya Pengadilan Agama Bandung terus meningkat. (IT PA Bandung)