Seputar Peradilan

Hakim sebagai pilar utama perlu bekerja bersama-sama antara Ketua Majelis dan Anggota Majelisnya dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu menerima, memeriksa dan mengadili suatu perkara, serta harus memperhatikan Teknik Pemeriksaan Perkara, demikian sekilas paparan yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam acara pembukaan Diskusi Hukum Hakim se koordinator Wilayah IV di Hotel Endah Parahyangan Bandung dari tanggal 10 sampai 11 Agustus 2017.

Diskusi Hukum bertujuan untuk evaluasi, recovery, motivasi kinerja dan peningkatan kualitas hakim juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama hakim. Kegiatan Diskusi Hukum ini dihadiri kurang lebih 66 orang hakim dari 4 (empat) Pengadilan Agama se Koordinator Wilayah IV Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, yaitu Pengadilan Agama Bandung, Pengadilan Agama Cimahi, Pengadilan Agama Sumedang dan Pengadilan Agama Cianjur. Kegiatan Diskusi Hukum dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. Bahrussam Yunus, SH., MH., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. Mardiana Muzhaffar, SH., MH, dan Hakim Tinggi sebagai moderator yaitu Drs. Jasiruddin, SH., M.SI., dan Drs. H. Mohamammad Nor Hudlrien, SH., MH.

Dari 66 orang hakim yang mengikuti kegiatan disuksi hukum ini terbagi menjadi 2 kelombok A dan B lalu selanjutnya di pecah menjadi beberapa grup yang terdiri dari 5 orang anggota grup, untuk mendiskusikan sebuah contoh putusan untuk dianalisa dan merumuskan dengan singkat : Fakta Peristiwa, Pokok Masalah, Analisa Bukti, Fakta Hukum, Penemuan Hukum, serta Amar Putusan.

Alhamdulillah kegiatan diskusi hukum ini berjalan dengan sukses dan lancar, berkat arahan dan petunjuk dari Ketua Koordinator Wilayah IV Drs. H. M. Arsyad M, SH., MH, Ketua Panitia Dr. Muh Rusdy Thahir, SH., MH. serta kerjasama seluruh tim panitia. Semoga hasil kegiatan Diskusi Hukum ini diharapkan sesuai dengan temanya yaitu meningkatnya kualitas kinerja dan profesionalisme hakim dalam pelayanan publik. (Deni Sy. IT PA Bandung).

Diskusi Hukum2